Kalkulus? SIAPA TAKUT!

Haaaee!!

Perkenalkan nama gue ilsya. Panggil aja ilsya.

Gue adalah orang kesekian yang barusan aja ngebaca sayembara zenius untuk sharing sebetapa dahsyatnya pengaruh zenius dihidup gue. Well, basicly, maybe because of kak sabda. Gue pokoknya cinta mati sama kak sabda dan suara khasnya yang *jebret *kita dadah-in dolo *ini bro *khaalo (kalaunya pake o) *yup, itu sebagian kecil dari sabda’s part yang gue suka.

Based on my title, you all must be thinking that, what is kalkulus sya? buset kalkulus itu apaan? lah kan kalkulus ga ada di kurikulum kita? Iya ade-ade atau teman, teman. I’m a collegian. But i still use zenius to improve my skill at maths. Why? Then follow my story…

Gue adalah pemake zenius dari SMA. awal kenal zenius itu dari browsing-browsing internet. Awalnya nyari obat untuk pinter (iya bener, gue ga boong) eh ternyata ketemu si zenius. Awal-awal, gue mikir. kenapa ini namanya Zenius. Kenapa ga Jenius? Trus, apa karena untuk ngebuat pronounnya keren? setdah gue ga peduli. cuzz inget banget gue langsung bbm ke salah satu adminnya zenius, sore-sore gue langsung pake sendal jepit ke atm. biar berasa kaya di pantaee

Jujur ya, gue pertamanya langganan zenius untuk 6 bulan. Lo tau gue cuma makenya berapa bulan? 2 bulan bos. Karena gue anaknya mageeeeeer banget masalah belajar. Toh, pasti pelajaran yang diajarin dizenius bakal sama kok sama pelajaran yang diajarin guru-guru les gue.

Jadinya h-2 bulan expired, gue belajar pake zenius. Inget banget belajar tentang matematika. HAHHA. iye. mtk. tentang persamaan kuadrat.

LO TAU? GUE BARU TAU KALAU X1kwadrat+X2kwadrat TUH DIAMBIL DARI HASIL PINDAH KE KIRINYA RUMUS (X1+X2)kwadrat.

Di detik itu gue pengen nangis. Udah seberapa banyak ulangan harian yang gue sia-siain karena rumus yang bahkan gue ga perlu apal. Gue akhirnya percaya, penyesalan tuh emang diakhir.

Selesai gue belajar PK, gue makin pede maju kedepan kelas. Trus gue bisa shongong sama guru kalau gue bisa jawab itu dengan cepat dan pasti benar. HAHAHAHHA. HAHAHAHAHAHAAHAHAHAHAHHA. Buat temen-temen SMA gue, sorry ya. Sebenernya gue ga-serajin-itu-baca-rumus-dibuku. Gue cuma pake zenius 🙂

Skip masa SMA, skip skip.

Agustus 2014 gue resmi jadi mahasiswi teknik informatika ptn terkemuka di sumatera selatan. Gila gue seneng banget. Toh ntar kuliah udah bhay bhay sama yang namanya fisika, mtk. gila gue rasanya mau terbang ke awang awang.

Tapi ternyata saudara-saudara

Yang bikin gue nyesek setengah mampus

Pas ngisi Kartu Rencana Studi

Gue

Ngeliat

Ada

Dua

Kata

Menyakitkan

Terketik

Di

Dalamnya..

KALKULUS DAN FISIKA DASAR, MASING-MASING TIGA SKS

untuk kedua kalinya gue pengen nangis. Ya allah kenapa si pea fisdas ama kalkul masuk? Ya allah gue pengen jadi programmer, bukan fisikawan ataupun matematikawan.

gue ga terima

Kalo ga salah hari senin, pertama kali belajar kalkulus. buapake dah dateng. Pelajaran pertamanya limit 🙂

wih gue pede dong..

wong cuma limit tinggal susisusi doang, kelewatan lo gabisa.

HAHAHAHAHHA

HAHAHAHAHAHAHHAHAHAHAHAH

AHAHHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHAHHAH

tapi ternyata engga.

jauh dari ekspektasi. kalkulus yang emang kaya pelajaran mtk di SMA bener-bener beda pas lo udah jadi collegian. You need to know exactly the reason about all the answer you’ve written. Yep. Gue ketemu dosen yang bener-bener mau tau gimana cara lo menyelesaikan ntu soal dengan algoritma yang jelas.

di kuliahan, kita pake rumus lim x->0 (f(x+h)-f(x))/h. gue tau kalau lo belajar di zenius, lo udah pernah liat rumus ini. tapi kalau untuk dosen gue, setelah ngesub itu haram, dan harus pake fx+h itu, gue harus buktiin jawaban limit gue bener dari grafik dan numeriknya. Gausah gue jabarin disini…

ntar lo muntah

Gue mikir akhirnya, kalau gue pake rumus langsung jadi, gue gabisa. Gue bahkan gabisa buktiin kalau limit dari sqrt nol itu ada apa engga. Finally, gue sign in lagi id gue ke zenius. yeah, gue belajar dari awal lagi..

Surprise banget. di zenius, gue belajar untuk tau dasar dari suatu rumus. Lo ga ditekankan untuk menghapal, tapi mengerti dari mana itu rumus dapetnya sehinga ketika lo lupa, atau gugup pas disuruh dosen maju kedepan untuk ngejelasin cara ngejawab soal, lo bisa tetep staycool, toh, seabrek rumus rata-rata didapet dari beberapa rumus. yah tinggal di tambah, bagi kali.. treeng! jadilah rumus baru..

Gue masih inget setiap detil tutor zenius ngajarin gue limit. Dari mana dapetnya, yang ternyata nilai ketika x mendekati sebuah angka itu bukan berarti angka itu yang harus di sub, melainkan angka-angka yang mendekati angka tersebut.

Satu lagi nih benefitnya, gue akhirnya bisa maju kedepan kelas untuk ngebuktiin kalau sqrt 0 itu undefined. UGGHH rasany? mo tau rasanya?

Kaya lo terbang ke nirwana bersama pemeran arjuna mahabharata

gilaaaa… gue seneng banget. Gue yang awalnya takut banget belajar kalkulus, ternyata bisa juga maju kedepan kelas.

gacuma disitu, gue juga bisa bantu ngajarin temen-temen gue yang belum mengerti tentang limit. Rasanya seneng bangke. Bukan karena lo dipuji lo pinter, tapi lo seneng karena ilmu yang lo dapet itu berkah, men. lo yang dulunya belum bisa sekarang cukup mampu untuk ngebagi ilmu ke temen-temen lo, which is belajar lo siang malem, ga sia-sia dan ilmu itu ga akan putus di lo aja.

Ga memungkiri gaya gue ngajarin temen-temen gue sama banget kaya kak sabda. I adore kak sabda so much. He’s so inspiring. Pinter, kocak, ah gila kalau dari tk gue diajarin sama dia, mungkin nilai mtk gue dulu ga bobrok kaya bangunan tua.

Gacuma limit kok, gue yang sekarang kuliahan BARU TAHU kalau rumus trigono yang sudut paruh, perkalian fungsi, jumlah&selisih sudut itu hasil dari perombakan sedikit rumus. untuk keduakalinya gue pengen nangis. Tapi gue nangis bahagia men, gue bahagia.

Bertahun-tahun nyokap gue ngeles-in gue kemana-mana, tapi gatau kenapa cuma gaya zenius yang nyaplok banget dihati gue. Caranya bener-bener beda.

Buat ade-ade yang baca tulisan gue, kalau bisa jangan kaya gue yang udah beli zenius tapi dipake h-2 bulan sebelum expired. pas udah abis, beli lagi krn mepet mo belajar kalkulus. Gue tau, kalau belajar itu ga ada kata terlambat. Tapi kita masih muda, men. Jangan abisin waktu lo buat hepi-hepi doang. Bebasnya hidup ga cuman sampe lulus, sma,un,sbmptn. Tapi ketika kuliah, lo harus pertanggung jawabin ilmu lo, nilai di rapot lo. Percaya sama gue, kuliah tuh beda sama sekolah. Lo dituntut untuk lebih kritis dalam berfikir. Lo dipush untuk lebih bisa meyakinkan orang untuk percaya kalau jawaban yang lo jawab bener karena algoritmanya rapih. Plis, ya. Inget baek-baek. Pergunakan waktu sekolah lo untuk yang bermanfaat

(Jangan ngerasa lo kuliah udah lepas tangan sama pelajaran SMA).

Salah satunya yang bermanfaat yabelajar pake zenius. Karena lo InshaAllah gabakal nyesel untuk nyisihin duit nongki-nongki lo untuk jadi bagian dari zenius club. Otak lo yang udah penuh rayap kaya gue bisa di daur ulang. Lo bakal ngerasa otaklo bersinar ketika lo belajar pake ini. Lo bakal ngerasain euforia gue, ketika lo ngerti dengan pelajaran yang sebelumnya belom lo kuasai.

Makasih zenius, makasih kak sabda. makasih tutor-tutor zenius. Gue gapernah nyesel karena pernah make lo. Lo udah kaya pacar gue. Tapi lo meng”study”zonekan gue, jadinya kayaknya kita gabisa pacaran. Dan jugaa…

Gue bakal tetep make lo sampe gue tamat kuliah. and on and on

zen                                        https://www.zenius.net

Lots amore toe zeniuse

                                                                                               Ilsya

Leave a Reply

